Motivasi dan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri 010 Pangkalan Kerinci

Authors

  • Erliza Erliza Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terdapat guru yang melalaikan administrasi kelas, jarang membuat media pembelajaran serta pasif dalam kegiatan yang bersifat peningkatan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap motivasi dan kinerja guru di sekolah dasar negeri 010 Pangkalan Kerinci. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs yaitu dengan menggunkaan One-Group Pretest- Posttest Design  sebagai desain penelitian. Penelitian dilaksanakan di SDN 010 Pangkalan Kerinci dengan guru yang berjumlah 15 guru sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes soal dan analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif dan analisis induktif (uji normalitas dan uji hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai asymp sig pada uji wilcoxon 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata motivasi motivasi guru nilai sig (2 tailed) sebesar 0.028 < 0,05 dan  Uji Independent Sample Test kinerja guru diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0.036 < 0,05, maka  dapat disimpulkan bahwa terdapat  perbedaan yang signifikan  karena rata-rata  motivasi guru dan kinerja guru kelas eksperimen dengan menggunakan supervisi  tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak dilakukan supervisi.

Downloads

Published

2024-05-11

How to Cite

Erliza, E., & Nurmalina, N. (2024). Motivasi dan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri 010 Pangkalan Kerinci . Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 4(2). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/35753

Issue

Section

Articles