Motivasi dan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri 010 Pangkalan Kerinci
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terdapat guru yang melalaikan administrasi kelas, jarang membuat media pembelajaran serta pasif dalam kegiatan yang bersifat peningkatan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap motivasi dan kinerja guru di sekolah dasar negeri 010 Pangkalan Kerinci. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs yaitu dengan menggunkaan One-Group Pretest- Posttest Design sebagai desain penelitian. Penelitian dilaksanakan di SDN 010 Pangkalan Kerinci dengan guru yang berjumlah 15 guru sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes soal dan analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif dan analisis induktif (uji normalitas dan uji hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai asymp sig pada uji wilcoxon 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata motivasi motivasi guru nilai sig (2 tailed) sebesar 0.028 < 0,05 dan Uji Independent Sample Test kinerja guru diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0.036 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan karena rata-rata motivasi guru dan kinerja guru kelas eksperimen dengan menggunakan supervisi tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak dilakukan supervisi.Downloads
Published
2024-05-11
How to Cite
Erliza, E., & Nurmalina, N. (2024). Motivasi dan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri 010 Pangkalan Kerinci . Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 4(2). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/35753
Issue
Section
Articles