Upaya meningkatkan Aktifitas Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Kelas IV SD Negeri 001 Bangun Purba
Abstract
Selain guru, kendala yang dihadapi dalam pembelajaran di sekolah adalah siswa. Sebagai peserta didik merupakan pribadi- pribadi yang unik dengan segala karakteristiknya. Siswa sebagai individu yang dinamik dan berada dalam proses perkembangan memiliki kebutuhan dalam berinteraksi dalam lingkungannya. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru dan siswa harus bekerja sama dalam proses belajar mengajar. Guru harus bisa memberikan strategi belajar dan metode mengajar yang baru agar siswa tidak bosan dengan materi yang diajarkan. Pengamatan proses belajar pada pertemuan pertama ditemukan aspek kedisiplinan, tanggung jawab dan kerjasama. Hasil belajar masih ada 22,22% siswa belum tuntas. Pertemuan berikutnya guru memperbaiki pembelajaran terutama pada aspek-aspek tersebut. Pada pertemuan terakhir aspek kedisiplinan siswa dalam belajar. Siswa sudah aktif, cendrung aktif mendengar penjelasan guru atau penjelasan kawannya. Guru berhasil memotivasi siswa untuk aktif dan paham akan materi yang telah disampaikan. Pada hasil evaluasi sudah terlihat keberhasilan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Seluruh peserta didik pada siklus ini tuntas.Downloads
Published
2023-05-09
How to Cite
Wati, L. (2023). Upaya meningkatkan Aktifitas Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Kelas IV SD Negeri 001 Bangun Purba. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 3(2). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/25941
Issue
Section
Articles