Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Metode Bernyanyi dengan Gerakan Berbasis Tema di TK Tunas Harapan

Authors

  • Novika Herawati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Astuti Astuti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Melvi Lesmana Alim Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik kasar anak melalui metode bernyanyi dengan gerakan berbasis tema pada anak kelompok A TK Tunas Harapan.hal ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan motorik kasar anak. Penelitian ini merupakan tindakan kelas menggunakan model pengertian dari Kemmis dan MC Taggart yang dilakukan dalam dua siklus, subjek penelitian yakni 10 anak kelompok A yang terdiri dari 4 laki-laki dan 6 perempuan. Objek penelitian yakni meningkatkan motorik kasar anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen lembar observasi yang berbentuk checklist, teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Pada tahap pratindakan persentase rata-rata ketercapaian anak baru mencapai 52,5%, pada pelaksanaan siklus I persentase yang dicapai sebesar 62,82%, dan pencapaian peningkatan motorik kasar anak pada siklus II sebesar 84,83%.Kata kunci: Motorik Kasar Anak,Bernyanyi Dengan Gerakan Berbasis Tema

Downloads

Published

2021-11-05

How to Cite

Herawati, N., Astuti, A., & Alim, M. L. (2021). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Metode Bernyanyi dengan Gerakan Berbasis Tema di TK Tunas Harapan. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 2(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/2528

Issue

Section

Articles