Penanaman Karakter Sosial Emosional Anak Usia Dini dengan Menggunakan Media Lagu pada Kelompok A di TK Anggrek
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menanamkan karakter sosial emosional anak usia dini dengan menggunakan media lagu pada kelompok A di TK Anggrek .Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dalam tiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Keberhasilan tindakan ditentukan apabila minimal pencapaian rata- rata kelas > 76%. Hasil observasi pada Prasiklus menunjukkan bahwa karakter sosial emosional anak masih pada persentase 32,44 % berkriteria Mulai Berkembang. Pada siklus I diperoleh persentase 41,53 % kriteria masih Mulai Berkembang. Pada siklus II diperoleh persentase pencapaian 78,44% dengan kriteria berkembang sangat baik, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media lagu dapat mengembangkan karakter sosial emosional anak usia dini pada kelompok A di TK Anggrek.Kata Kunci : Penanaman, karakter sosial emosional, LaguDownloads
Published
2021-11-02
How to Cite
Dianawati, D., Alim, M. L., & Yusnira, Y. (2021). Penanaman Karakter Sosial Emosional Anak Usia Dini dengan Menggunakan Media Lagu pada Kelompok A di TK Anggrek. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 2(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/2525
Issue
Section
Articles