Penerapan Etika Bertoilet dengan Metode Pembiasaan Pada Anak Usia 3 – 4 Tahun Di KB Kualu Ceria Kualu Nenas

Authors

  • Agustina Lestari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

ABSTRAKMasalah kemampuan anak dalam pembiasaan bertoilet pada anak usia 3-4 tahun di KB Kualu Ceria Kualu Nenas adalah latar belakang masalah dalam penelitian ini. Adapun solusi yang di tawarkan melalui penerapan etika bertoilet dengan metode pembiasaan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan etika bertoilet dengan metode pembiasaan pada anak usia 3-4 tahun di KB Kualu Ceria kualu nanas. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri tiga pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan waktu penelitian dilaksanakan bulan April hingga Mei 2021. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun yang berjumlah 14 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 6 orang, dan siswa perempuan 8 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan penilaian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan etika bertoilet dengan metode pembiasaan pada anak usia 3-4 tahun di KB Kualu Ceria Kualu Nenas pada siklus I kriteria BSH ada 7 anak dengan persentase 50%,  kriteria MB ada 3 anak dengan persentase 21,43%, kriteria BB ada 4 anak dengan kriteria 28,57%. Pada siklus II kriteria BSB ada 13 anak dengan persentase 92,86%, kriteria BSH ada 1 anak dengan persentase 7,14% , tidak ada anak kriteria MB dan BB karena siklus II meningkat dengan baik.Kata Kunci : Etika Bertoilet, Metode Pembiasaan, PTK

Downloads

Published

2021-10-09

How to Cite

Lestari, A., Nurmalina, N., & Daulay, M. I. (2021). Penerapan Etika Bertoilet dengan Metode Pembiasaan Pada Anak Usia 3 – 4 Tahun Di KB Kualu Ceria Kualu Nenas. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 2(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/2523

Issue

Section

Articles