Peningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Batu Berwarna di TK Restu Ibu Ketinggian Kabupaten Lima Puluh Kota

Authors

  • Riza Susanti TK Restu Ibu Ketinggian
  • Misyani Misyani TK Adhyaksa Pangkalpinang
  • Nonik Maria Wahyu Ningrum TK Shabilla Batam

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan berhitung anak masih rendah, maka dari itu tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan batu berwarna.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelas TK Restu Ibu Ketinggian Kabupaten Lima Puluh Kota yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan 2 siklus masing-masing siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan anak dalam aspek menyebutkan bilangan dari 1-20, aspek membuat urutan bilangan 1-20 dan mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan melalui permainan batu bewarna pada siklus I terlihat masih rendah, karena belum sesuai dengan harapan maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II, pada siklus II sudah terjadi peningkatan yang sangat signifikan, dari ketiga aspek yang dinilai jumlah anak yang mengalami peningkatan kemampuan dari kategori rendah menjadi sangat tinggi sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Dengan demikian permainan batu berwarna dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak.

Downloads

Published

2023-05-08

How to Cite

Susanti, R. ., Misyani, M., & Ningrum, N. M. W. (2023). Peningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Batu Berwarna di TK Restu Ibu Ketinggian Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 3(2). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/24986

Issue

Section

Articles