Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Bentuk – Bentuk Geometri Menggunakan Papan Planel di TK Tunas Harapan Tabek Panjang

Authors

  • Wita Suryanti TK Tunas Harapan

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang dilaksanakan di TK Tunas Harapan Tabek Panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Tunas Harapan Tabek Panjang.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah pembelajaran melalui permainan bentuk – bentuk geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Tunas Harapan Tabek Panjang. 2) Mengenal bentuk – bentuk  geometri. 3) Mengelompokkan bentuk – bentuk geometri berdasarkan bentuk dan warna. 4) Menyusun bentuk geometri dari yang tinggi ke yang rendah. 5) Menyebutkan benda – benda yang berbentuk geometri dan menyusun bentuk geometri menjadi sebuah bentuk (mobil, rumah, dll). Subjek penelitian ini adalah kelas B1 TK Tunas Harapan Tabek Panjang yang berjumlah 15 orang anak terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan pengamatan kegiatan anak selama melakukan pembelajaran kognitif melalui permainan bentuk – bentuk geometri menggunakan papan planel di TK Tunas Harapan Tabek Panjang. Data hasil belajar anak dianalisis dengan teknik persentase. Hasil rata-rata penelitian sebelum tindakan sampai siklus II adalah yang mendapat nilai sangat baik pada kondisi awal (sebelum tindakan) yang mendapat nilai sangat baik 6,25%, pada Siklus I anak yang mendapat nilai sangat baik 16,2%, sedangkan pada Siklus II anak yang mendapat nilai sangat baik 82,5%. Kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan dari Siklus I sampai Siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan bentuk – bentuk geometri menggunakan papan planel di TK Tunas Harapan Tabek Panjang dapat mengembangkan kognitif anak di TK Tunas Harapan Tabek Panjang

Downloads

Published

2021-05-29

How to Cite

Suryanti, W. . (2021). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Bentuk – Bentuk Geometri Menggunakan Papan Planel di TK Tunas Harapan Tabek Panjang . Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 1(2). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/24853

Issue

Section

Articles