Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan Melalui Media Papan Roda Angka dan Huruf Pada Anak Kelompok B TK Adhyaksa Pangkalpinang

Authors

  • Misyani Misyani TK Adhyaksa Pangkalpinang
  • Nonik Maria Wahyu Ningrum TK Shabilla Batam
  • Riza Susanti TK Restu Ibu

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami konsep lambang bilangan melalui media papan roda angka dan huruf pada anak kelompok B di TK Adhyaksa Pangkalpinang. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi serta studi literatur dengan meneliti setiap aspek kegiatan penelitian mulai dari awal sampai akhir pelaksanaan perbaikan kemudian. Data yang diperoleh dianalisa secara baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ada peningkatan kemampuan memahami  konsep lambang bilangan melalui media papan roda huruf dan angka, dari kondisi awal hanya 2 orang anak yang termasuk dalam kategori mencapai indikator kinerja dengan persentase 18,33%, kemudian meningkat di siklus I sebanyak 8 orang anak dengan persentase 53,33% dan disiklus ke 2 mencapai sebanyak 14 orang anak dengan persentase 93,33%. Kemampuan memahami konsep lambang bilangan di TK Adhyaksa Pangkalpinang telah mencapai pada kriteria baik seperti yang diharapkan, karena dari 15 orang anak hanya 1 anak yang belum mencapai indikator kinerja.

Downloads

Published

2021-05-28

How to Cite

Misyani, M., Ningrum, N. M. W. ., & Susanti, R. . (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan Melalui Media Papan Roda Angka dan Huruf Pada Anak Kelompok B TK Adhyaksa Pangkalpinang. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 1(2). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/24102

Issue

Section

Articles