Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Kartu Bergambar di TK Kartika I-51 Rengat

Authors

  • Resi Lovita TK Kartika I-5 Rengat
  • Agus Suriawati TK Ar Rohim Desa Mampang
  • Luxy Finegilrs Hutasoit TK Elsadai Komplek Taman Dutamas Batam

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa anak melalui media kartu bergambar pada anak di TK Kartika I-51 Rengat. Penelitian yang dilakukan menggunakan PTK dengan melihat sampel dari anak di kelompok B1 yang terdiri dari 15 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi serta studi literatur dengan meneliti setiap aspek kegiatan penelitian mulai dari awal sampai akhir pelaksanaan perbaikan kemudian data yang diperoleh dianalisa secara baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ada peningkatan kemampuan bahasa anak melalui media kartu bergambar pohon, dari kondisi awal hanya 1 orang anak yang termasuk dalam kategori mencapai indikator kinerja dengan persentase 6,67%, kemudian meningkat di siklus 1 sebanyak 8 orang anak dengan persentase  53,33% dan di siklus ke 2 mencapai sebanyak 14 oarang anak dengan persentase 93,33%. Kemampuan bahasa anak di TK Kartika I-51 Rengat telah mencapai pada kriteria baik seperti yang diharapkan, karena dari 15 orang anak hanya 1 yang belum mencapai indikator kinerja.

Downloads

Published

2021-05-27

How to Cite

Lovita, R. ., Suriawati, A. ., & Hutasoit, L. F. . (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Kartu Bergambar di TK Kartika I-51 Rengat. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 1(2). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/23872

Issue

Section

Articles