Manajemen Mutu Pendidikan di Era Otonomi Daerah

Authors

  • Supawi Supawi SDN 2 Kedungbacin
  • Titik Haryati Pascasarjana Universitas PGRI Semarang

Abstract

Sesuai dengan keberadaannya, manusia selalu bernaluri untuk melakukan perubahan yang pada akhirnya perubahan tersebut akan membawa pada kemajuan dalam realitas kehidupan. Untuk itu perlu adanya pengalihan, pelestarian dan pengembangan kehidupan manusia sebagai upaya pembenahan melalui manajemen dalam suatu organisasi khususnya pendidikan. Manajemen dalam pendidikan merupakan kunci dari segala bentuk kemajuan pendidikan sepanjang sejarah peradaban manusia dan perkembangan pendidikan. Manajemen merupakan sebuah pondasi yang sangat signifikan dalam merumuskan aturan-aturan kelembagaan di era otonomi daerah sekarang ini, karena manajemen yang berada dalam pendidikan sebagai supra infra strktur yang ada dalam dunia pendidikan. Kebijakan peningkatan mutu pendidikan dalam renstra pendidikan nasional diarahkan pada pencapaian mutu pendidikan yang semakin meningkat. Di era otonomi daerah atau dalam konsep desentralisasi pendidikan dalam pengelolaan, pelaksanaan, pengembangan dan penentu kebijakan secara terstruktur mulai dari pemerintah pusat, pemerintah propinsi, pemerintah daerah/kota, lembaga pendidikan sampai pada kelas atau guru yang secara langsung menjadi eksekutor utama dalam proses rangkaian penjalanan pendidikan.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Supawi, S., & Haryati, T. . (2023). Manajemen Mutu Pendidikan di Era Otonomi Daerah. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 4(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/23781