Manajemen Mutu dalam Lembaga Pendidikan

Authors

  • Sri Purnomo SDN 1 Kedungbacin
  • Titik Haryati Pascasarjana Universitas PGRI Semarang

Abstract

Institusi pendidikan yang efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan memerlukan sebuah manajemen mutu yang baik untuk menghadapi suasana kompetitif dan orientasi di masa depan. Mutu pendidikan adalah derajat keunggulan dalam pengelolaan pendidikan secara efektif dan efisien untuk melahirkan keunggulan akademis dan ekstrakulikuler pada peserta didik yang dinyatakan lulus untuk satu jenjang pendidikan atau menyelesaikan program pembelajaran tertentu. Manajemen mutu terpadu merupakan suatu sistem nilai yang mendasar dan komprehensif dalam mengelola organisasi dengan tujuan meningkatkan kinerja secara berkelanjutan dalam jangka panjang dengan memberikan perhatian secara khusus pada tercapainya kepuasan pelanggan dengan tetap memperhatikan secara memadai terhadap terpenuhinya kebutuhan seluruh stakeholder organisasi yang bersangkutan. Untuk mengembangkan sebuah kultur mutu, diperlukan waktu. Kerja keras dan waktu adalah dua hal penting yang harus diperhatikan. Karena jika dua hal itu tidak dapat berjalan dengan baik, maka perjalanan mekanisme kerja mutu akan terhambat. Sebab-sebab umum rendahnya mutu pendidikan bisa disebabkan oleh beberapa sumber yang mencakup desain kurikulum yang lemah, bangunan yang tidak memenuhi syarat, lingkungan kerja yang buruk, sistem dan prosedur yang tidak sesuai, jadwal kerja yang serampangan, sumber daya yang kurang, dan pengembangan staf yang tidak memadai.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Purnomo, S. ., & Haryati, T. . (2023). Manajemen Mutu dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 4(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/23774