Konsep dan Penerapan Fungsi Menajemen Pendidikan

Authors

  • Pri Mulyono SDN Tempurejo
  • Titik Haryati Pascasarjana Universitas PGRI Semarang

Abstract

Pengelolaan pendidikan baik oleh pemerintah dan swasta untuk jalur pendidikan sekolah maupun luar sekolah pada setiap jenis dan jenjang pendidikan sangat diperlukan dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan nasional. Agar pimpinan atau kepala sekolah dan kinerja guru dalam aplikasinya di lembaga persekolahan dapat mencapai standar tertentu, maka dibutuhkan suatu manajemen kinerja. Manajemen pendidikan merupakan proses dalam pelaksanaan tugas pendidikan dengan mendayagunakan segala sumber secara efesien untuk mencapai tujuan secara efektif. Manajemen pendidikan mempunyai fungsi yang terpadu dengan proses pendidikan khususnya dengan pengelolaan proses pembelajaran, yaitu: (a) perencanaan; (b) pengorganisasian; (c) pelaksanaan; dan (d) pengawasan. Fungsi-fungsi manajemen ini berjalan saling berinteraksi dan saling kait mengkait antara satu dengan lainnya, sehingga menghasilkan apa yang disebut dengan proses manajemen. Dengan demikian, proses manajemen sebenarnya merupakan proses interaksi antara berbagai fungsi manajemen. Setiap kegiatan pendidikan di sekolah harus memiliki perencanaan yang jelas dan realisitis, pengorganisasian yang efektif dan efisien, pengerahan dan pemotivasian seluruh personil sekolah untuk selalu dapat meningkatkan kualitas kinerjanya, dan pengawasan secara berkelanjutan.

Downloads

Published

2023-11-13

How to Cite

Mulyono, P. ., & Haryati, T. . (2023). Konsep dan Penerapan Fungsi Menajemen Pendidikan. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 4(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/23768