Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Kurikulum Merdeka

Authors

  • Sukirno Sukirno MA Kartayuda
  • Titik Haryati Pascasarjana Universitas PGRI Semarang

Abstract

Lembaga pendidikan berupaya melakukan inovasi dengan berbagai strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga mampu mencetak output (lulusan) sumber daya yang berkualitas dan mampu bersaing dalam menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Kurikulum merdeka saat ini merupakan salah satu opsi pilihan bagi lembaga pendidikan untuk memulihkan krisis pembelajaran dan meningkatkan mutu pendidikan. Kepala sekolah perlu melakukan strategi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka agar tujuan yang diinginkan dalam kebijakan kurikulum merdeka dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan berbasis kurikulum merdeka. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan berbasis kurikulum merdeka dilakukan dengan cara penguatan sumber daya manusia, strategi pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler, strategi membangun komunikasi dan kolaborasi, serta mengimplementasikan kurikulum merdeka sesuai dengan kebutuhan dan keadaan sekolah. strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan berbasis kurikulum merdeka dapat memulihkan krisis pembelajaran dan meningkatkan mutu pendidikan.

Downloads

Published

2023-11-10

How to Cite

Sukirno, S., & Haryati, T. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 4(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/23739