Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Melalui Kegiatan Menonton Video Animasi

Authors

  • Yetti Andriyani TK Al Hikmah Sinar Bulan Pangkalpinang
  • Renny Armelia Rahayu TK Al Kahfi Islamic School Batam
  • Ratmiati Ratmiati TK Harapan Kasih Rokan Hilir

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal huruf abjad anak TK Al Hikmah Sinar Bulan Kota Pangkalpinang. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di dalam kelas pada beberapa penilaian seperti menyusun huruf menjadi bentuk lingkaran, segitiga, dan segi empat, menulis huruf-huruf abjad dari campuran warna dengan jari di buku gambar dan mengkreasikan berbagai media menjadi bentuk huruf -huruf abjad yang menarik, membangun balok menjadi bentuk huruf U, L, I bersama-sama teman dan melengkapi huruf melalui permainan game di laptop anak belum mampu melakukannya dikarenakan beberapa faktor seperi faktor media yang kurang menarik dan kurangya motivasi bagi anak. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi, dan penilaian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan disetiap siklus yang dilakukan. Pada kondisi awal kemampuan mengenal huruf abjad anak 40%. Pada siklus I pertemuan I dan II meningkat menjadi 50% dan 60%. Pada siklus II pertemuan I dan II meningkat lagi menjadi 80% dan 90%. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan mengenal huruf abjad melalui kegiatan menonton video animasi pada anak kelompok B di TK Al Hikmah Sinar Bulan.

Downloads

Published

2021-05-27

How to Cite

Andriyani, Y. ., Rahayu, R. A. ., & Ratmiati, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Melalui Kegiatan Menonton Video Animasi . Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 1(2). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/23736

Issue

Section

Articles