Manajemen Pengendalian Mutu di Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Pendidikan dapat dikatakan berkualitas, apabila sekolah dapat mengembangkan potensi diri peserta didiknya sehingga dapat menjadi manusia yang memiliki ilmu pengetahuan yang luas, keterampilan dalam bidang teknologi, etos kerja yang tinggi, kesadaran hidup sosial, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani. Suatu indikator keberhasilan pendidikan adalah dimana sekolah mampu menghasilkan lulusan yang dapat meningkatkan kesejahteraan ekonominya, mampu bersaing dengan masyarakat global dan berdedikasi terhadap moral yang tinggi. Sebuah kesuksesan program pendidikan akan sangat didukung dengan berbagai sumber daya yang memiliki daya saing global yang tinggi dalam rangka menghadapi tantangan dimasa depan terutama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, bangsa maupun global. Menciptakan sumber daya, khususnya sumber daya manusia yang mempunyai daya saing global, dapat dilakukan melalui suatu proses pendidikan yang memenuhi harapan dan tuntutan para pengguna atau pengelola jasa pendidikan. Manajemen tenaga kependidikan merupakan salah satu bentuk pengelolaan manusia yang bekerja di suatu sekolah secara efektif untuk menghasilkan sebuah tatanan sistem atau proses pendidikan yang baik. Proses manajemen ini diawali dengan perencanaan tenaga kependidikan. Pelaksanaan pendidikan tersebut dapat dilakukan melalui proses pendidikan formal yang memiliki beberapa jenjang pendidikan. Salah satu tantangan penting yang harus dihadapi oleh sekolah dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan sumber daya guna menghadapi persaingan global adalah bagaimana anak-anaknya bersekolah di sekolah yang bermutu, maka dari itu sekolah perlu untuk meningkatkan mutu sekolahnya.Downloads
Published
2023-12-02
How to Cite
Supraptiningrum, S., & Haryati, T. . (2023). Manajemen Pengendalian Mutu di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 4(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/23666
Issue
Section
Articles