MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN POHON HURUF PADA ANAK KELOMPOK A TK KASIH IBU KECAMATAN KAMPAR UTARA
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan pohon huruf pada anak kelompok A TK Kasih Ibu Kecamatan Kampar Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penilitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A usia 4 – 5 tahun TK Kasih Ibu Kecamatan Kampar Utara yang berjumlah 15 anak, 7 anak laki – laki 8 orang anak perempuan. Objek penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dari a – z. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan atau yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus berlangsung selama dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang memiliki kemampuan mengenal huruf a – z meningkat setelah adanya tindakan. Hasil observasi pada tahap pratindakan, anak yang berkembang sesuai harapan 2 orang anak ( 13,3%). Kemampuan anak pada siklus I yang berkembang sesuai harapan masih sama dengan pratindakan, yaitu 2 orang anak (13,3%). Pada siklus II kemampuan anak yang berkembang sesuai harapan berjumlah 11 orang anak (73,3%) dan pada siklus II ini kemampuan anak yang berkembang sangat baik memcapai 2 orang anak (13,3%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulakan bahwa melalui media permainan pohon huruf dapat meningkat kemampuan mengenal huruf di kelompok A usia 4 – 5 tahun TK Kasih Ibu Kecamatan Kampar Utara. Kata Kunci: Mengenal Huruf, Pohon Huruf, TK Kasih IbuReferences
Aqib, Zainal & Chottibudin. 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Ardianti, P. 2015. “ Peningkatan Kemampuan Anak Kelompok A Mengenal Huruf Melalu Media Kartu Gambar di TK Roudhotul Ulum Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Tidak Diterbitkan. Pendidikan Guru Pada Anak Usia Dini Universitas Jember.
Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: diakses 11 April 2020.
Arikunto Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Depdikbud. 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dewi, Yuli Ani, S. 2017. Korelasi Efektivitas Komunikasi dan Latar Belakang Etnis atau Suku Orang tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Rudatul Athafal Kabupaten Pasuruan.
Hartati, S. 2005. Perkembangan belajar pada anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.
Madyawati, L. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta : PT Kharisma Putra Utama.
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Menteri Pendidikan Nasional. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Moeslichatoen, R. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Mulyasa. 2012. Manajemen Paud. Bandung : PT. Remaja Rosdalarya.
Rusniah. (2017). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A Di TK Malahayati Neuhen Tahun Pelajaran 2015-2016. Jurnal : Bimbingan Konseling, hlm. 118-119.
Seefeldt, Carrol dan Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT: Indeks.
Suyanto, S. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.
Team Dafa Publishing. 2010. Mengajari Bayi Membaca. Yogyakarta : Dafa Publishing.
Triharso, Agung. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta : CV. ANDI OFFSET.