Gambaran Kepuasan Pasien di RSIA Husada Bunda Tahun 2022

Authors

  • Anil Nur Rahman Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Ade Dita Putri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Zurrahmi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Kepuasan pasien merupakan indikator kualitas pelayanan yang petugas kesehatan berikan. Pasien yang puas akan menggunakan kembali pelayanan kesehatan bila mereka membutuhkan lagi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien di RSIA Husada Bunda tahun 2022. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan dan rawat inap pada bulan Januari-September yang berjumlah 365 orang. Sampel pada penelitian ini adalah 50 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling berupa accidental sampling. Analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisa Univariat. Dari hasil penelitian pada analisa univariat didapatkan bahwa kepuasan pasien berada pada kategori puas sebanyak 34 responden (68%). Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

PENELITIAN