Pengaruh Motivasi, Minat, Dan Kecerdasan Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Hidayatullah)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9970Abstract
Dalam artikel ini menyajikan hasil dari penelitian yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi, minat, dan kecerdasan terhadap prestasi belajar pada siswa Madrasah Ibtidaiyah kelas 5 yang mencakup semua mata pelajaran. Penelitian ini mengkaji aspek yang mempengaruhi prestasi belajar siswa diantaranya yaitu motivasi, minat, dan kecerdasan. Peneliti menggunakan teknik analisis regresi jalur yang merupakan pengembangan dari analisis regresi berganda. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 dari salah satu Madrasah Ibtidaiyah swasta yang memiliki akreditasi B dengan jumlah siswa kelas 5 yang berjumlah 19 orang siswa, kemudian diambil sampel sebanyak 12 orang siswa. Pada hasil penelitian ini menyatakan bahwa motivasi dan kecerdasan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar, sedangkan minat memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.Downloads
Published
2022-12-09
How to Cite
Faiqoh, E. . (2022). Pengaruh Motivasi, Minat, Dan Kecerdasan Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Hidayatullah). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9982–9990. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9970
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Elok Faiqoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).