Hubungan Literasi Digital dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Berbasis Kemandirian Belajar pada Era Pandemi Covid 19 Siswa SMA di Majalengka

Authors

  • Lili Sururi Asipi Institut Pendidikan dan Bahasa Invada

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9958

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan literasi digital dengan prestasi belajar bahasa Inggris berbasis kemandirian belajar pada era pandemic covid 19 siswa SMA di Majalengka. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sekolah menengah atas di Majalengka yang berjumlah 245. Sampel diambil secara random sampling sebanyak 154 siswa. Angket dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data, selanjutnya data dianalisis menggunakan statistik deskriptif korelasi sederhana, koefisien berganda, regresi berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa besarnya rhitung korelasi sederhana antara literasi digital dengan prestasi belajar 0,525 lebih besar dari rtabel (0,525 > 0,1582). Sedangkan hasil perhitungan rhitung korelasi sederhana kemandirian belajar dengan prestasi belajar adalah 0,313 lebih besar dari rtabel (0,313 > 0,1582) dan signifikan secara statistik pada = 0,05. Nilai koefisien korelasi berganda sebesar 0,637 dan hasil Fhitung literasi digital dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar sebesar 51, 582 > Ftabel (3,06). Model hubungan antara kedua variabel tersebut adalah Y = 4,883 + 0,454 + X1 + 0,46X2. Literasi digital menentukan prestasi belajar sebesar 45,4 % sedangkan kemandirian belajar menentukan prestasi belajar bahasa Inggris siswa SMA pada masa pandemi Covid 19 di Majalengka.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Asipi, L. S. . (2022). Hubungan Literasi Digital dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Berbasis Kemandirian Belajar pada Era Pandemi Covid 19 Siswa SMA di Majalengka . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9918–9926. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9958