Hubungan Literasi Digital dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Berbasis Kemandirian Belajar pada Era Pandemi Covid 19 Siswa SMA di Majalengka
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9958Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan literasi digital dengan prestasi belajar bahasa Inggris berbasis kemandirian belajar pada era pandemic covid 19 siswa SMA di Majalengka. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sekolah menengah atas di Majalengka yang berjumlah 245. Sampel diambil secara random sampling sebanyak 154 siswa. Angket dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data, selanjutnya data dianalisis menggunakan statistik deskriptif korelasi sederhana, koefisien berganda, regresi berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa besarnya rhitung korelasi sederhana antara literasi digital dengan prestasi belajar 0,525 lebih besar dari rtabel (0,525 > 0,1582). Sedangkan hasil perhitungan rhitung korelasi sederhana kemandirian belajar dengan prestasi belajar adalah 0,313 lebih besar dari rtabel (0,313 > 0,1582) dan signifikan secara statistik pada = 0,05. Nilai koefisien korelasi berganda sebesar 0,637 dan hasil Fhitung literasi digital dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar sebesar 51, 582 > Ftabel (3,06). Model hubungan antara kedua variabel tersebut adalah Y = 4,883 + 0,454 + X1 + 0,46X2. Literasi digital menentukan prestasi belajar sebesar 45,4 % sedangkan kemandirian belajar menentukan prestasi belajar bahasa Inggris siswa SMA pada masa pandemi Covid 19 di Majalengka.Downloads
Published
2022-12-09
How to Cite
Asipi, L. S. . (2022). Hubungan Literasi Digital dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Berbasis Kemandirian Belajar pada Era Pandemi Covid 19 Siswa SMA di Majalengka . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9918–9926. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9958
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lili Sururi Asipi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).