Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9957Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick terhadap: 1) kemampuan berpikir kritis, 2) keaktifan belajar, 3) kemampuan berpikir kritis, 4) mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick terhadap masing-masing aspek kemampuan berpikir kritis, 5) mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick terhadap masing-masing aspek keaktifan belajar siswa, dan 6) efektivitas model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick terhadap kemampuan berpikir kritis. Metode yang digunakan adalah Quasi-Eksperimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 143 siswa dan sampel yang digunakan adalah kelas X-4 (kelas eksperimen) sebanyak 36 siswa dan X -5 (kelas kontrol) sebanyak 36 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data kemampuan berpikir kritis menggunakan tes dan motivasi dengan angket. Teknik analisis data menggunakan uji Manova (signifikansi 0,05) untuk mengetahui pengaruh, selanjutnya dilakukan uji Regresi untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran konstruktivisme tipe novick terhadap aspek-aspek kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa, serta uji N-Gain untuk mengetahui efektivitas model konstruktivisme tipe Novick terhadap kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model konstruktivisme tipe Novick terhadap: 1) kemampuan berpikir kritis, 2) keaktifan belajar, 3) kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar, 4) ada pengaruh yang tidak sama pada model konstruktivisme tipe Novick terhadap aspek-aspek kemampuan berpikir kritis, 5) ada pengaruh yang tidak sama pada model konstruktivisme tipe Novick terhadap aspek-aspek keaktifan belajar.Downloads
Published
2022-12-09
How to Cite
Nopiyadi, D. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9908–9917. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9957
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dwi Nopiyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).