Analisis Pola Interaksi pada Layanan Informasi Online (Whatsapp) dalam Menyusun Q&A

Authors

  • Yeski Putri Utami Politeknik Ketenagakerjaan
  • Izhatullaili Izhatullaili Politeknik Ketenagakerjaan
  • Jarot Marsono Politeknik Ketenagakerjaan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9955

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah implementasi yang dilakukan terhadap pola interaksi layanan informasi online – WhatsApp, yang dilaksanakan pada proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Tenaga Kerja tahun 2021. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi dan pengaruh pandemi covid-19 terhadap cara manusia berkomunikasi di dunia yang dikenal dengan Communication Mediated Computer (CMC). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung dan menentukan tuturan dalam berkomunikasi secara virtual sehingga  pola interaksi yang ditemukan dapat digunakan untuk Menyusun Question and Answer (Q&A) pada kegiatan PMB selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan visual etnografi. Sampelnya adalah 10% dari total data, yaitu 240 obrolan dari proses penerimaan mahasiswa baru mulai dari pengumuman, pendaftaran, perpanjangan waktu pendaftaran, pengumuman kelulusan administrasi, pelaksanaan tes online, dan pengumuman kelulusan calon mahasiswa di Polteknaker. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan WhatsApp sebagai layanan informasi online dapat membantu mempercepat pemahaman informasi, memecahkan masalah dengan tetap menjaga jarak fisik - tanpa harus bertatap muka. Selain itu, berdasarkan frekuensi terjadinya pola interaksi dalam percakapan, dapat disimpulkan bahwa generasi muda atau calon mahasiswa Politeknik Tenaga Kerja lebih memilih untuk tidak membaca informasi detail dan lebih mengandalkan informasi (Q&A) langsung sehingga pola interaksi percakapan yang dikumpulkan dapat digunakan untuk menyiapkan jawaban cepat dan otomatis untuk Q&A.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Utami, Y. P. ., Izhatullaili, I., & Marsono, J. . (2022). Analisis Pola Interaksi pada Layanan Informasi Online (Whatsapp) dalam Menyusun Q&A. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9893–9907. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9955