The Effect Of Using Roundtable Technique On Writing Report Text Ability Of Grade Ten Students At SMA Negeri 2 Bandar

Authors

  • Chyntia Devisari Sirait University HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • David Berthony Manalu University HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Basar Lolo Siahaan University HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9952

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan teknik meja bundar mempengaruhi kemampuan menulis teks laporan. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Siswa SMA Negeri 2 Bandar kelas sepuluh selama tahun pelajaran 2022–2023 dijadikan sebagai sampel penelitian. Setiap kelas memiliki 35 siswa, dengan X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan X MIPA 1 sebagai kelompok kontrol. Siswa kelas sepuluh di SMA Negeri 2 Bandar terbukti secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis teks laporan mereka ketika mereka menggunakan teknik meja bundar. Selisih antara kelompok kontrol dan eksperimen adalah 84, atau rata-rata 2,4 poin. Uji t (2,9) > t tabel (1,667) pada taraf signifikansi 5% untuk uji dua sisi, sesuai dengan hipotesis pengujian. Hal ini terbukti bahwa teknik meja bundar memiliki dampak yang besar pada tulisan siswa, khususnya dalam materi laporan.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Sirait, C. D. ., Manalu, D. B. ., & Siahaan, B. L. . (2022). The Effect Of Using Roundtable Technique On Writing Report Text Ability Of Grade Ten Students At SMA Negeri 2 Bandar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9888–9892. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9952

Most read articles by the same author(s)