Urgensi Pengembangan Buku Aktivitas Bermuatan Karakter Peduli Sosial pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Prabawati Nurhabibah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Fathur Rokhman Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Nas Haryati Setyaningsih Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9947

Abstract

Artikel ini membahas tentang urgensi pengembangan buku aktivitas pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD bermuatan karakter peduli sosial. Artikel ini merupakan hasil penelitian dengan menggunakan metode studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) urgensi penggunaan buku aktivitas dalam pembelajaran bahasa Indonesia bermuatan karakter peduli sosial antara lain: siswa membutuhkan buku pendamping pembelajaran yang bermuatan Pendidikan karakter, buku aktivitas terbukti memberikan pengaruh terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, buku aktivitas mengasah keterampilan motorik siswa, buku aktivitas memberikan stimulus dan motivasi kepada siswa untuk peka dan peduli terhadap lingkungan sosial; (2) urgensi pengembangan buku aktivitas pada pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu: guru harus melakukan inovasi seperti pengembangan buku aktivitas untuk mengenalkan sikap peduli sosial pada siswa; dibutuhkan pengembangan buku aktivitas menggunakan bahasa Indonesia atau dalam pembelajaran bahasa Indonesia; buku aktivitas memberikan dampak positif bagi perkembangan sosial emosional siswa; dan (3) terdapat beberapa model penelitian pengembangan yang sesuai untuk mengembangkan buku aktivitas pada pembelajaran bahasa Indonesia bermuatan karakter peduli sosial. Artikel ini merekomendasikan guru untuk menggunakan buku aktivitas pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD yang di dalamnya memuat Pendidikan karakter peduli sosial.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Nurhabibah, P. ., Rokhman, F. ., & Setyaningsih, N. H. . (2022). Urgensi Pengembangan Buku Aktivitas Bermuatan Karakter Peduli Sosial pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9861–9867. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9947