Urgensi Pengembangan Buku Aktivitas Bermuatan Karakter Peduli Sosial pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9947Abstract
Artikel ini membahas tentang urgensi pengembangan buku aktivitas pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD bermuatan karakter peduli sosial. Artikel ini merupakan hasil penelitian dengan menggunakan metode studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) urgensi penggunaan buku aktivitas dalam pembelajaran bahasa Indonesia bermuatan karakter peduli sosial antara lain: siswa membutuhkan buku pendamping pembelajaran yang bermuatan Pendidikan karakter, buku aktivitas terbukti memberikan pengaruh terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, buku aktivitas mengasah keterampilan motorik siswa, buku aktivitas memberikan stimulus dan motivasi kepada siswa untuk peka dan peduli terhadap lingkungan sosial; (2) urgensi pengembangan buku aktivitas pada pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu: guru harus melakukan inovasi seperti pengembangan buku aktivitas untuk mengenalkan sikap peduli sosial pada siswa; dibutuhkan pengembangan buku aktivitas menggunakan bahasa Indonesia atau dalam pembelajaran bahasa Indonesia; buku aktivitas memberikan dampak positif bagi perkembangan sosial emosional siswa; dan (3) terdapat beberapa model penelitian pengembangan yang sesuai untuk mengembangkan buku aktivitas pada pembelajaran bahasa Indonesia bermuatan karakter peduli sosial. Artikel ini merekomendasikan guru untuk menggunakan buku aktivitas pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD yang di dalamnya memuat Pendidikan karakter peduli sosial.Downloads
Published
2022-12-09
How to Cite
Nurhabibah, P. ., Rokhman, F. ., & Setyaningsih, N. H. . (2022). Urgensi Pengembangan Buku Aktivitas Bermuatan Karakter Peduli Sosial pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9861–9867. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9947
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Prabawati Nurhabibah, Fathur Rokhman, Nas Haryati Setyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).