Kemampuan Siswa Sekolah Menegah Pertama Dengan Pembelajaran Etnosains

Authors

  • Nurdeni Nurdeni Universitas Indraprasta PGRI
  • Yoga Budi Bhakti Universitas Indraprasta PGRI
  • Edward Alfin Universitas Indraprasta PGRI
  • Giri Marhento Universitas Indraprasta PGRI
  • Popi Purwanti Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9937

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah mengetahui kemampuan siswa sekolah menengah pertama terhadap pembelajaran berbasis etnosians.  Metode yang dipergunakan dalam penulisan ini adalah studi literatur terkait dengan pembelajaran berbasis etnosains. Pengintegrasian etnosains ke dalam pembelajaran akan lebih efektif jika dimasukkan ke dalam mata pelajaran, demikian kesimpulan dari artikel ini. Latar belakang budaya siswa dapat mempengaruhi seberapa baik mereka mempelajari konsep-konsep yang diajarkan di sekolah. Kurikulum harus dirancang untuk mempromosikan sistem sosial yang sehat dalam masyarakat. Itu harus memperhitungkan berbagai faktor yang berkontribusi pada pengembangan dan pemeliharaan masyarakat, dan berusaha untuk menciptakan lingkungan yang kondusif untuk interaksi sosial yang positif. Agar pengembangan kurikulum lebih efektif, etnosains perlu diintegrasikan ke dalam proses. Hal ini akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan kontekstual bagi siswa.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Nurdeni, N., Bhakti, Y. B. ., Alfin, E. ., Marhento, G. ., & Purwanti, P. . (2022). Kemampuan Siswa Sekolah Menegah Pertama Dengan Pembelajaran Etnosains. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9799–9807. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9937