Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Tanjungpinang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9917Abstract
Pendidikan merupakan hal yang penting, maka untuk mencapai tujuan pendidikan dibutuhkan guru yang berkompeten. Salah satu cara untuk melihat guru yang berkompeten adalah dengan melihat status kelulusan Ujian Kompetensi Guru (UKG) hingga tahap sertifikasi. Sedangkan di Tanjungpinang masih ditemukan guru yang belum lulus dalam mengikuti Ujian Kompetensi Guru (UKG) hingga tahap sertifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terbuka, dokumentasi dan observasi partisipan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Kepala sekolah sudah melaksanakan strateginya dengan baik dalam meningkatkan kompetensi guru di SDN 002 Tanjungpinang Timur, hal ini dibuktikan dengan data guru yang terus bertambah dan lulus dalam mengikuti UKG hingga tahap sertifikasi. Strategi yang dilakukan kepala sekolah adalah; (1) Membuat program pelatihan internal, (2) Mendorong guru mengikuti KKG (Kelompok Kerja Guru), pelatihan, seminar, diklat berjenjang dan melanjutkan pendidikan, (3) Mengagendakan kegiatan supervisi hingga evaluasi, (4) Pengadaan fasilitas belajar, (5) Mendorong guru agar terus kreatif dan inovatif, (6) Membangun kerja sama dengan staf Tata Usaha dalam membantu guru untuk sertifikasi.Downloads
Published
2022-12-08
How to Cite
Saruroh, . E. F. ., & Saepuddin, S. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Tanjungpinang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9714–9725. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9917
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ezah Fatmatus Saruroh, Saepuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).