Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Tanjungpinang

Authors

  • Ezah Fatmatus Saruroh STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Saepuddin Saepuddin STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9917

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang penting, maka untuk mencapai tujuan pendidikan dibutuhkan guru yang berkompeten. Salah satu cara untuk melihat guru yang berkompeten adalah dengan melihat status kelulusan Ujian Kompetensi Guru (UKG) hingga tahap sertifikasi. Sedangkan di Tanjungpinang masih ditemukan guru yang belum lulus dalam mengikuti Ujian Kompetensi Guru (UKG) hingga tahap sertifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terbuka, dokumentasi dan observasi partisipan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Kepala sekolah sudah melaksanakan strateginya dengan baik dalam meningkatkan kompetensi guru di SDN 002 Tanjungpinang Timur, hal ini dibuktikan dengan data guru yang terus bertambah dan lulus dalam mengikuti UKG hingga tahap sertifikasi. Strategi yang dilakukan kepala sekolah adalah; (1) Membuat program pelatihan internal, (2) Mendorong guru mengikuti KKG (Kelompok Kerja Guru), pelatihan, seminar, diklat berjenjang dan melanjutkan pendidikan, (3) Mengagendakan kegiatan supervisi hingga evaluasi, (4) Pengadaan fasilitas belajar, (5) Mendorong guru agar terus kreatif dan inovatif, (6) Membangun kerja sama dengan staf Tata Usaha dalam membantu guru untuk sertifikasi.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Saruroh, . E. F. ., & Saepuddin, S. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Tanjungpinang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9714–9725. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9917