Hubungan Antara Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Dengan Kompetensi Profesional Guru Di SD Negeri 02 Air Upas

Authors

  • Venny Venny Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Herry Sanoto Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9912

Abstract

Kepala sekolah mempunyai peran penting dalam meningkatkan kemampuan, kompetensi dan kinerja para guru, begitupula dengan adanya sistem budaya sekolah yang terintegritas dengan baik. Dimana kedua hal ini sama dibutuhkannya dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran pada setiap lembaga pendidikan. Untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki para guru, secara khusus untuk kompetensi profesional diperlukan pelaksanaan supervisi akademik dan pelaksanakan budaya sekolah dengan terus-menerus kearah yang lebih baik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan supervisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah dengan kompetensi profesional yang dimiliki para guru di SD Negeri 02 Air Upas. Dalam penelitian ini saya menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode statistika dan deskripsi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pelaksaan supervisi akademik kepala sekolah dan pelaksanaan budaya sekolah dengan kompetensi profesional guru di SD Negeri 02 Air Upas. Dari hasil pengujian ketiga variabel ini terdapat hubungan yang sangat kuat, signifikan, dan memilki arah yang positif. Dari hasil pengujian korelasi rank spearman yang dilakukan kita bisa melihat bahwa nilai koefisien korelasi antara variabel supervisi akademik dan kompetensi profesional guru menghasilkan nilai sebesar 0,837 dengan nilai signifikan sebesar 0,003 < 0,05. Begitupula dengan pengujian variable kedua yaitu hubungan antara budaya sekolah dengan kompetensi profesional guru yang menujukan hasil 0,855 dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dimana hasil pengujian tiga variable ini menunjukan bahwa ketiga variabel memiliki hubungan yang sangat kuat dan signifikan dengan arah hubungan variabel yang positif.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Venny, V., & Sanoto , H. . (2022). Hubungan Antara Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Dengan Kompetensi Profesional Guru Di SD Negeri 02 Air Upas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9697–9706. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9912