Hubungan Antara Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Dengan Kompetensi Profesional Guru Di SD Negeri 02 Air Upas
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9912Abstract
Kepala sekolah mempunyai peran penting dalam meningkatkan kemampuan, kompetensi dan kinerja para guru, begitupula dengan adanya sistem budaya sekolah yang terintegritas dengan baik. Dimana kedua hal ini sama dibutuhkannya dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran pada setiap lembaga pendidikan. Untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki para guru, secara khusus untuk kompetensi profesional diperlukan pelaksanaan supervisi akademik dan pelaksanakan budaya sekolah dengan terus-menerus kearah yang lebih baik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan supervisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah dengan kompetensi profesional yang dimiliki para guru di SD Negeri 02 Air Upas. Dalam penelitian ini saya menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode statistika dan deskripsi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pelaksaan supervisi akademik kepala sekolah dan pelaksanaan budaya sekolah dengan kompetensi profesional guru di SD Negeri 02 Air Upas. Dari hasil pengujian ketiga variabel ini terdapat hubungan yang sangat kuat, signifikan, dan memilki arah yang positif. Dari hasil pengujian korelasi rank spearman yang dilakukan kita bisa melihat bahwa nilai koefisien korelasi antara variabel supervisi akademik dan kompetensi profesional guru menghasilkan nilai sebesar 0,837 dengan nilai signifikan sebesar 0,003 < 0,05. Begitupula dengan pengujian variable kedua yaitu hubungan antara budaya sekolah dengan kompetensi profesional guru yang menujukan hasil 0,855 dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dimana hasil pengujian tiga variable ini menunjukan bahwa ketiga variabel memiliki hubungan yang sangat kuat dan signifikan dengan arah hubungan variabel yang positif.Downloads
Published
2022-12-08
How to Cite
Venny, V., & Sanoto , H. . (2022). Hubungan Antara Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Dengan Kompetensi Profesional Guru Di SD Negeri 02 Air Upas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9697–9706. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9912
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Venny , Herry Sanoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).