Dampak Pengajaran Budaya Lahan Kering, Kepulauan dan Pariwisata terhadap Perubahan Perilaku Ekologis Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9897Abstract
Fokus penelitian ini mengkaji dampak dari pengajaran Mata kuliah Budaya Lahan Kering, Kepulauan dan Pariwisata (MK BLKP) terhadap perilaku ekologis mahasiswa. Mata kuliah penciri BLKP telah diselenggarakan di Universitas Nusa Cendana Kupang selama 5 tahun terakhir sebagai salah satu bentuk tanggung jawab akademisi terhadap lingkungan dengan menyiapkan calon-calon pemimpin yang memiliki pengetahuan dan kepedulian terhadap lingkungan. Para mahasiswa ini kelak akan menjadi pemimpin dan pengambil kebijakan. Oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana para kaum muda mengetahui, memahami dan peduli terhadap lingkungan. Sebanyak 36 responden mahasiswa terlibat dalam survey online dan satu kelompok diskusi terpusat beranggotakan 9 orang mahasiswa yang dipilih dengan teknik snowball. Data survei dianalisa dengan teknik statistik deskriptif dan data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran MK BLKP berdampak positif terhadap perubahan perilaku ekologis mahasiswa. Akan tetapi dalam rangkaian pembelajaran, terdapat ketidakseimbangan perubahan antara aspek kognisi, afeksi dan perilaku. Perubahan terbesar terjadi pada aspek afeksi dan diikuti aspek kognisi, sedangkan perubahan kecil terdapat pada aspek perilaku.Downloads
Published
2022-12-08
How to Cite
Lay, A. E. ., Korohama, K. E. P. ., & Pua Upa, M. D. P. U. (2022). Dampak Pengajaran Budaya Lahan Kering, Kepulauan dan Pariwisata terhadap Perubahan Perilaku Ekologis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9570–9581. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9897
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Andriyani Emilia Lay, Katharina Edeltrudis Perada Korohama, Muhamad Dae Pua Upa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).