Analisis Pembelajaran Menulis Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) IQRA

Authors

  • Roihatul Parida Maulidi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Dhena Delviana Aulia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Marjohan Marjohan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Tatu Hilaliyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9882

Abstract

Penelitian ini membahasa tentang analisis pembelajaran menulis siswa kelas 5 Sekolah Dasar yang berfokus pada 1) pelaksanaan pembelajaran, 2) kendala yang dihadapi selama pembelajaran, dan 3)upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode mengajar guru dalam peningkatan kemampuan menulis siswa sekolah dasar. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yaitu tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penilitian menunjukkan bahwa siswa sulit menulis karena keterbatan kosakata, pemahaman, dan minat baca yang sangat rendah.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Maulidi, R. P. ., Aulia, D. D. ., Marjohan, M., & Hilaliyah, T. . (2022). Analisis Pembelajaran Menulis Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) IQRA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9493–9497. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9882

Most read articles by the same author(s)