Improving Students’ Skill In Writing Narrative Text Through Animation Movie at The Eleventh Grade of SMK Negeri 3 Bulukumba

Authors

  • Andi Anugrah M Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Mutmainnah Marzuki Universitas Muhammadiyah Bulukumba

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9876

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks naratif siswa dalam dua komponen menulis yaitu isi dan penggunaan bahasa pada siswa kelas XI Tkj (Teknik Komputer dan Jaringan) SMK Negeri 3 Bulukumba Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental desain yang terdiri dari enam pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI khususnya kelas XI Tkj dengan jumlah sampel 23 siswa yang terdiri dari 16 perempuan dan 7 laki-laki. Instrumen penelitian diperoleh dengan menggunakan tes tulis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada pre test adalah 39,13dan untuk nilai rata-rata siswa pada post test adalah 61,73adalah meningkat. Standar deviasi pre test sebesar 12,39dan standar deviasi post test sebesar 9,84. Untuk taraf signifikansi (?) 0,05 dan df = 22. Terbukti ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test siswa dengan nilai tes tabel adalah 3,792, sedangkan nilai dari tes adalah 12,75. Artinya nilai t-test lebih besar dari t-tabel (12,75 > 3,792).

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

M, A. A. ., & Marzuki, M. . (2022). Improving Students’ Skill In Writing Narrative Text Through Animation Movie at The Eleventh Grade of SMK Negeri 3 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9451–9454. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9876