Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Keterampilan Laboratorium Menggunakan Media Buku SOP Laboratorium Karakteristik

Authors

  • Sunyata Sunyata Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Sya’roni Universitas Negeri Surabaya
  • Nizar Rizki Rahman Universitas Negeri Surabaya
  • Irfan Subiantoro Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9852

Abstract

Media buku merupakan penunjang penggunaan alat laboratorium apabila mahasiswa tidak menggunakan pedoman, maka akan mengalami kesulitan. Oleh karena itu media buku pedoman merupakan solusi agar mahasiswa bisa lebih awal mengetahui dan mendapatkan keahlian merancang dan merangkai alat laboratorium. Pada penelitian ini telah divalidasi buku pedoman sebagai sarana media. Penelitian kali ini dilakukan dengan tujuan mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan media buku pada penggunaan alat laboratorium karakteristik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan angket (respon) dalam skala likert dengan subjek penelitian mahasiswa Fisika angkatan 2021 Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Diperoleh hasil penggunaan media buku mendapatkan respon positif. Memudahkan mahasiswa memahami batasan, langkah-langkah serta merangkai alat laboratorium karakteristik.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Sunyata, S. ., Sya’roni , I. ., Rahman, N. R. ., & Subiantoro, I. . (2022). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Keterampilan Laboratorium Menggunakan Media Buku SOP Laboratorium Karakteristik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9322–9327. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9852