Implementasi Blended Learning Di Sekolah Dasar Maria Regina School Semarang

Authors

  • Lai Yunhang Universitas Ahmad Dahlan
  • Enung Hasanah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9841

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran blended learning. Penelitian dilakukan di SD Maria Regina School Semarang, sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif meliputi reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi perencanaan blended learning di SD Maria Regina School Semarang meliputi perencanaan dalam melaksanakan pembelajaran seperti materi, metode, media atau fasilitas pembelajaran, perencanaan dalam pembuatan perangkat pembelajaran, silabus, dan RPP. 2) Implementasi pengorganisasian blended learning ialah guru bertugas untuk menjelaskan materi, mengawasi jalannya kegiatan pembelajaran dan memberikan penilaian kepada peserta didik. Sementara itu, tenaga teknisi bertugas untuk membantu mempersiapkan berbagai sarana yang digunakan dalam pembelajaran secara daring. 3) Implementasi pelaksanaan blended learning meliputi seeking information, acquisition of information, dan synthesizing knowledge. Penerapan ketiga pedoman tersebut dilakukan dengan membagi level pembelajaran menjadi tiga kelas kemudian diarahkan untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh (RL) atau Pembelajaran Langsung (IPL). 4) Implementasi penilaian blended learning di SD Maria Regina School dilakukan secara formatif maupun sumatif secara online.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Yunhang, L. ., & Hasanah, E. (2022). Implementasi Blended Learning Di Sekolah Dasar Maria Regina School Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9237–9241. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9841