Interpretive Structural Model Sebagai Pendekatan Pembelajaran Agenda 1 pada Pelatihan Dasar CPNS di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan

Authors

  • Juwita Juwita Widyaiswara Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9834

Abstract

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan  mengubah model administrasi publik dan menuntut peningkatan kualitas calon pegawai negeri sipil. Salah satu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan merumuskan tujuan  pembelajaran agenda pendidikan dasar CPNS di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan dengan menggunakan metode e-learning. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif  dengan menggunakan pendekatan interpretive structure model (ISM). Salah satu temuan penelitian ini adalah sub-elemen (E3) yaitu meningkatkan rasa kesetiaan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara yang memiliki pengaruh tinggi dan ketergantungan yang rendah terhadap pencapaian tujuan. Oleh karena itu, disarankan agar  sosialisasi dan diskusi berlangsung dalam kerangka pemahaman bersama antara penyelenggara, guru, peserta ujian, pelatih, dan pembimbing.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Juwita, J. (2022). Interpretive Structural Model Sebagai Pendekatan Pembelajaran Agenda 1 pada Pelatihan Dasar CPNS di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9201–9210. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9834

Most read articles by the same author(s)