Keterkaitan Pola Manajemen Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa SD Lancong, Kecamatan Sungai Mas Kabupaten Aceh Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9816Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana pola manajemen pembelajaran di SD Lancong, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat (2) menghubungkan pola manajemen pembelajaran dengan minat belajar siswa di SD Lancong, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dalam bentuk penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, kegiatan sosial, keyakinan, dan pemikiran seseorang secara individu atau kelompok. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pola manajemen pembelajaran yang dilakukan belum maksimal. Hal ini terlihat dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang sederhana. Kedua, terdapat 7 (tujuh) penyebab rendahnya minat belajar siswa di SD Lancong, Kecamatan Sunagi Mas, Kabupaten Aceh Barat, yaitu: (1) fasilitas sekolah, (2) keluarga, (3) psikologi siswa, (4) kemampuan siswa, (5) interaksi siswa, (6) media elektronik, (7) disiplin siswa. Selanjutnya, terdapat faktor pendukung dalam meningkatkan minat belajar siswa di SD Lancong, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat. Ada 3 (tiga) faktor, yaitu (1) faktor lingkungan belajar (2) faktor psikologis (3) faktor komunikasi. Kemudian ada faktor penghambat yaitu (1) Faktor Kesiapan (2) Faktor Penguasaan Kelas (3) Faktor Media.Downloads
Published
2022-12-07
How to Cite
Wangi, A. S. ., Safrida, S., & Syahputri, V. N. . (2022). Keterkaitan Pola Manajemen Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa SD Lancong, Kecamatan Sungai Mas Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9087–9099. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9816
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Amalia Sekar Wangi, Safrida, Venny Nella Syahputri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).