Keterkaitan Pola Manajemen Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa SD Lancong, Kecamatan Sungai Mas Kabupaten Aceh Barat

Authors

  • Amalia Sekar Wangi Universitas Teuku Umar
  • Safrida Safrida Universitas Teuku Umar
  • Venny Nella Syahputri Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9816

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana pola manajemen pembelajaran di SD Lancong, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat (2) menghubungkan pola manajemen pembelajaran dengan minat belajar siswa di SD Lancong, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dalam bentuk penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, kegiatan sosial, keyakinan, dan pemikiran seseorang secara individu atau kelompok. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pola manajemen pembelajaran yang dilakukan belum maksimal. Hal ini terlihat dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang sederhana. Kedua, terdapat 7 (tujuh) penyebab rendahnya minat belajar siswa di SD Lancong, Kecamatan Sunagi Mas, Kabupaten Aceh Barat, yaitu: (1) fasilitas sekolah, (2) keluarga, (3) psikologi siswa, (4) kemampuan siswa, (5) interaksi siswa, (6) media elektronik, (7) disiplin siswa. Selanjutnya, terdapat faktor pendukung dalam meningkatkan minat belajar siswa di SD Lancong, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat. Ada 3 (tiga) faktor, yaitu (1) faktor lingkungan belajar (2) faktor psikologis (3) faktor komunikasi. Kemudian ada faktor penghambat yaitu (1) Faktor Kesiapan (2) Faktor Penguasaan Kelas (3) Faktor Media.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Wangi, A. S. ., Safrida, S., & Syahputri, V. N. . (2022). Keterkaitan Pola Manajemen Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa SD Lancong, Kecamatan Sungai Mas Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9087–9099. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9816