Peta Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SD Dalam Menguasai Karakteristik Siswa

Authors

  • Sinar Sinar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9767

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SD Kec. Cluwak Kab. Pati, Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menitik beratkan pada dua segi keberhasilan yang diinginkan yaitu segi proses dan segi hasil. Dari segi proses, bahwa dengan penelitian Peningkatan Kompetensi Pedagogik ini mampu meningkatkan kompetensi Profesionalisme mengajar, khususnya dalam menguasai karakteristik siswa. Sedangkan dari segi hasil, diharapkan dengan peningkatan kompetensi Pedagogik ini mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa. Penerapan supervisi Pedagogik memberikan bimbingan kepada guru dalam merencanakan dan melaksanakan peningkatan profesionalitas dalam memanfaatkan sumber yang tersedia. Adapun kreativitas belajar siswa mencakup partisipasi aktif, menumbuhkan motivasi belajar, menciptakan lingkungan yang menantang, dan menciptakan interaksi dengan lingkungannya. Berdasarkan identifikasi masalah, masih banyak guru-guru SD yang memiliki kemampuan dalam menguasai karakteristik siswa masih rendah, yang mengakibatkan proses pembelajaran menjadi kurang maksimal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan Teknik survey dan angket. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Supervisi Kompetensi Pedagogik mampu meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam bidang Penguasaan Karakteristik siswa, sehingga guru mampu melakukan proses pembelajaran di kelas dapat berjalan dengan maksimal. Pelaksanaan Penelitian ini, memberikan dampak positif terhadap peningkatan Kompetensi Guru, khususnya dalam menguasai kelas, dan keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran pun juga semakin meningkat. Hasil akhir dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ternyata dalam oleh data berdistribusi normal menggunakan statistik parametris, hal ini dapat digunakan untuk menguji hipotesis deskriptif dengan data interval atau rasio. Sehingga dalam penelitian ini menggunakan olah data t-test satu sampel. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Pendidikan Agama Islam SD sebagai pendidik profesional mempunyai tugas utama mendidik, mengajar membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi siswa, hasil penelitian mencapai 85,3%  sangat sesuai dengan Kompetensi Pedagogik guru. Maka dapat dikatakan bahwa  Guru Pendidikan Agama Islam SD Kec. Cluwak Kab. Pati, kompetensi Pedagogiknya sudah mencapai ukuran ideal.

Downloads

Published

2022-12-06

How to Cite

Sinar, S. (2022). Peta Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SD Dalam Menguasai Karakteristik Siswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8893–8902. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9767