Variasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Muallimin Univa Medan

Authors

  • Nia Atikah Rahma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Riana Sari Sitorus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Emeliya Sukma Dara Damanik Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9755

Abstract

Permasalahan inti pada penelitian ini yaitu bagaimana cara seorang pendidik untuk menentukan variasi metode dalam pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Muallimin Univa Medan serta bagaimana tanggapan siswa  pada variasi metode dalam sebuah pembelajaran. Adapun metode yang dipakai yaitu metode kualitatif, tehnik mengumpulkan data yang dipakai yaitu observasi serta wawancara. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian iniantara lain : 1) cara guru untuk menentukan variasi metode pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Muallimin Univa medan, dengan beberapa pertimbangan dan kondisi tertentu, misalnya guru memperhatikan kesehatan siswa; guru memperhatikan keadaan psikologi siswa; guru memperhatikan materi inti pelajaran SKI yang ingin dijelaskan; 2) Tanggapan siswa pada variasi metode dalam pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Muallimin Univa Medan di tunjukkan dalam bentuk bersemangat dalam belajar saat pelajaran SKI dijelaskan dengan memakai variasi metode pembelajaran, merasa tidak jenuh saat belajar SKI berlagsung, merasa kurangnya jam pelajaran SKI yang ada disekolah, dan merasa harus dibuatnya penambahan jam mata pelajaran SKI.

Downloads

Published

2022-12-06

How to Cite

Rahma, N. A. ., Sitorus, R. S. ., & Damanik, E. S. D. . (2022). Variasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Muallimin Univa Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8796–8802. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9755