Variasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Muallimin Univa Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9755Abstract
Permasalahan inti pada penelitian ini yaitu bagaimana cara seorang pendidik untuk menentukan variasi metode dalam pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Muallimin Univa Medan serta bagaimana tanggapan siswa pada variasi metode dalam sebuah pembelajaran. Adapun metode yang dipakai yaitu metode kualitatif, tehnik mengumpulkan data yang dipakai yaitu observasi serta wawancara. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian iniantara lain : 1) cara guru untuk menentukan variasi metode pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Muallimin Univa medan, dengan beberapa pertimbangan dan kondisi tertentu, misalnya guru memperhatikan kesehatan siswa; guru memperhatikan keadaan psikologi siswa; guru memperhatikan materi inti pelajaran SKI yang ingin dijelaskan; 2) Tanggapan siswa pada variasi metode dalam pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Muallimin Univa Medan di tunjukkan dalam bentuk bersemangat dalam belajar saat pelajaran SKI dijelaskan dengan memakai variasi metode pembelajaran, merasa tidak jenuh saat belajar SKI berlagsung, merasa kurangnya jam pelajaran SKI yang ada disekolah, dan merasa harus dibuatnya penambahan jam mata pelajaran SKI.Downloads
Published
2022-12-06
How to Cite
Rahma, N. A. ., Sitorus, R. S. ., & Damanik, E. S. D. . (2022). Variasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Muallimin Univa Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8796–8802. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9755
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nia Atikah Rahma, Riana Sari Sitorus, Emeliya Sukma Dara Damanik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









