Studi kasus Perundungan Terhadap belajar peserta didik di Sekolah Dasar

Authors

  • Novia Anggun Pratiwi Universitas Jambi
  • Tiara Oktavia Universitas Jambi
  • Nandita Sakarsari Universitas Jambi
  • Violyta Putri Nanda Universitas Jambi
  • Miftahul Jannah Universitas Jambi
  • Prya Aprilia Qomisatun Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9696

Abstract

Perilaku perundungan merupakan perilaku yang sering tidak disadari keberadaanya, banyak pihak yang masih menggap perilaku bullying suatu hal yang wajar di lingkungan sekitar sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis bullying, untuk mengetahui faktor-faktor penyebab perilaku terjadinya bullying, dan untuk mengetahui penanganan di sekolah. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif yang menjelaskan jenis-jenis, faktor penyebab perilaku bullying yang terjadi di sekolah dasar. Penanganan dilakukan dengan cara: Memanggil siswa yang melakukan tindakan bullying ke kantor untuk diberi nasihat dan bimbingan oleh guru. Sehingga peserta didik dapat menjalankan peran mereka sebagaimana peserta didik yang ada.

Author Biographies

Tiara Oktavia, Universitas Jambi

Mahasiswa PGSD Universitas Jambi

Nandita Sakarsari, Universitas Jambi

Mahasiswa PGSD Universitas Jambi

Violyta Putri Nanda, Universitas Jambi

Mahasiswa PGSD Universitas Jambi

Miftahul Jannah, Universitas Jambi

Mahasiswa PGSD Universitas Jambi

Prya Aprilia Qomisatun, Universitas Jambi

Mahasiswa PGSD Universitas Jambi

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Novia Anggun Pratiwi, Tiara Oktavia, Nandita Sakarsari, Violyta Putri Nanda, Miftahul Jannah, & Prya Aprilia Qomisatun. (2022). Studi kasus Perundungan Terhadap belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8643–8646. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9696