Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Yosefin Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Binsar Tison Gultom Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9689

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Pematang Siantar tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Sehingga, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 176 responden. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan dan berpengaruh negatif antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII, dimana thitung variabel pola asuh orang tua sebesar 2,000 > dari ttabel sebesar 1,973 dengan taraf signifikansi 0,047 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Ha1  diterima dan H01 ditolak. (2)Terdapat hubungan yang signifikan dan berpengaruh positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII, dimana thitung variabel motivasi belajar  sebesar 3,328 > dari ttabel sebesar 1,973 dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Ha2 diterima dan H02 ditolak. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII, dimana Fhitung sebesar 9,275 > dari Ftabel sebesar 3,05 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Ha3 diterima dan H03 ditolak.

Downloads

Published

2022-12-04

How to Cite

Panjaitan, Y. ., & Gultom, B. T. . (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2021/2022 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8406–8416. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9689