Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9689Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Pematang Siantar tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Sehingga, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 176 responden. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan dan berpengaruh negatif antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII, dimana thitung variabel pola asuh orang tua sebesar 2,000 > dari ttabel sebesar 1,973 dengan taraf signifikansi 0,047 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Ha1 diterima dan H01 ditolak. (2)Terdapat hubungan yang signifikan dan berpengaruh positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII, dimana thitung variabel motivasi belajar sebesar 3,328 > dari ttabel sebesar 1,973 dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Ha2 diterima dan H02 ditolak. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII, dimana Fhitung sebesar 9,275 > dari Ftabel sebesar 3,05 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Ha3 diterima dan H03 ditolak.Downloads
Published
2022-12-04
How to Cite
Panjaitan, Y. ., & Gultom, B. T. . (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2021/2022 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8406–8416. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9689
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yosefin Panjaitan, Binsar Tison Gultom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).