Upaya Menumbuhkan Keberanian Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Pedes Karawang untuk Mengajukan Pertanyaan dan Mengemukakan Gagasan pada Materi Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial melalui Model Pembelajaran Think Pair And Share
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9682Abstract
Upaya menumbuhkan keberanian siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Pedes Karawang untuk mengajukan pertanyaan dan mengemukakan gagasan pada materi bentuk-bentuk interaksi sosial melalui model pembelajaran Think Pair and Share. Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Karawang: SMP Negeri 1 Pedes September 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan keberanian siswa untuk mengajukan pertanyaan dan mengemukakan gagasan pada materi permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja melalui model pembelajaran Think Pair and Share di SMP Negeri 1 Pedes Karawang. Penelitian ini dilakukan di kelas VII B SMPN 1 Pedes Karawang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang persiklus terdiri atas dua tatap muka. Siklus ke-1 dilaksanakan tanggal 04 September 2018 sampai dengan 06 September 2018, dan siklus ke-2 dilaksanakan tanggal 13 September 2018 sampai dengan 18 September 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengamatan atau observasi dengan menggunakan instrumen: (1) observasi terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung; (2) angket tentang tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran. Pengolahan data dilakukan untuk mengetahui keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan dan mengemukakan gagasan dengan menggunakan rubrik (lembar observasi) dan angket respon siswa dengan menggunakan skala likers. Pada siklus ke-1 menunjukan keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan mengemukakan gagasan masih rendah hanya 42% atau hanya 14 siswa dari 32 siswa, dan 46% siswa belum dapat memahami permasalahan yang diajukan serta baru 45% siswa yang dapat menyelesaikan masalah. Dan pada siklus ke-2 terjadi peningkatan siswa mulai menunjukan keberanian dalam mengajukan pertanyaan dan mengemukakan gagasan dari ke 32 siswa, 24 siswa telah menunjukan keberaniannya atau sekitar 75% siswa telah berani mengajukan pertanyaan dan mengemukakan gagasannya, serta 77% siswa telah memahami materi permasalahan angkatan kerja dan tenaga dan dapat menyelesaikan 75% masalah dengan benar.Downloads
Published
2022-12-04
How to Cite
Widiyanti, A. . (2022). Upaya Menumbuhkan Keberanian Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Pedes Karawang untuk Mengajukan Pertanyaan dan Mengemukakan Gagasan pada Materi Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial melalui Model Pembelajaran Think Pair And Share. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8338–8343. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9682
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Atik Widiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).