Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9678Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada materi PPKn melalui penerapan model PBM; dan (2) Mendeskripsikan penerapan model PBM dalam peningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi PPKn. Penelitian ini menggunakan jenis PTK yang dilaksanakan selama 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V SD. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, dengan instrumen lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan (1) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada materi PPKn melalui penerapan model PBM. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan persentase 77,1% ke siklus II dengan persentase 88,6%; dan (2) Penerapan model PBM dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi PPKn terlaksana dengan sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya penerapan model PBM dari siklus I dengan persentase 76% ke siklus II dengan persentase 90%.Downloads
Published
2022-12-05
How to Cite
Shabrina Dianita. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8632–8642. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9678
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Shabrina Dianita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).