Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Nilai Tempat Dalam Pelajaran Matematika

Authors

  • Winda Febrianti Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9668

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi pembelajaran matematika di kelas II Sekolah Dasar Negeri 273/VI Sungai Putih II dengan materi pokok mengurutkan bilangan, siswa mengalami kesulitan dalam memahami nilai tempat ratusan, puluhan dan ratusan. Sehingga nilai evaluasinya rendah (nilai 55 dari skala 100). Hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan metode ekspositori dan tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri atas perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, kegiatan observasi dan refleksi. Peneliti mengambil subjek penelitian siswa kelas II SDN 273/VI Sungai Putih II Kecamatan Bangko Barat Kabupaten Merangin dengan jumlah siswa 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan akhir siklus 1, dari 16 orang siswa kelas II sebanyak 10 orang mendapatkan nilai di atas KKM, 3 orang sama dengan KKM dan 3 orang masih di bawah KKM, kemudian pada akhir siklus ke-2 ini, dari 16 orang siswa kelas II ini yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 10 orang dan sama dengan KKM sebanyak 3 orang. Penelitian ini telah membuktikan bahwa penggunaan media kartu bilangan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menentukan nilai tempat di kelas II SDN 273/VI Sungai Putih II Kecamatan Bangko Barat Kabupaten Merangin Tahun Ajaran 2022/2023. Peningkatan pemahaman siswa terbukti dengan hasil belajar siswa dari nilai-nilai diskusi kelompok maupun dari nilai evaluasi individu mulai dari siklus ke-1 dan siklus ke-2, dimana masing-masing siklus menunjukkan peningkatan yang cukup baik.

Downloads

Published

2022-12-03

How to Cite

Febrianti, W. . (2022). Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Nilai Tempat Dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8262–8272. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9668