Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Peningkatan Motivasi Kerja dengan menggunakan Metode Diskusi di SDN 18 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat

Authors

  • Haldi Haldi Sekolah Dasar Negeri 18 Ranah Batahan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9659

Abstract

Fenomena dilapangan ditemukan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan motivasi kerja guru dimana, guru kurang bersemangat dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Upaya meningkatkan profesionalieme guru melalui peningkatan motivasi kerja guru dengan menggunakan metodediskusi di Sekolah Kecamatan Ranah Batahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Lokasi Penelitian adalah di SDN SDN 18 Ranah Batahan dan waktu penelitian pada bulan April s/d bulan Mei 2021. Yang menjadi subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru yang ada di SDN 18 Ranah Batahan yang berjumlah sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian lembar observasi selama proses tindakan penelitian oleh supervisor sehingga akan diperoleh data kualitatif sebagai hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa penerapan metode diskusi kelompok kecil dalam  kegiatan proses pembelajaran data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil temuan siklus I diperoleh rata-rata keberhasil dalam meningkatan motivasi guru dalampem belajaran baru mencapai 70,65%, karena belum berhasil guru pada siklus I dilanjutkan pada siklus II, pada siklusII ini dengan menggunakan metode diskusi kelompok motivasi guru meningkat menjadi 81,12% . karena hasil temua sudah sesuai dengan apa yang diharapkan maka penelitian dihentikan pada siklus II

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Haldi, H. (2022). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Peningkatan Motivasi Kerja dengan menggunakan Metode Diskusi di SDN 18 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8231–8240. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9659