Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis HOTS dengan Teknik Coaching GROW-ME di SDN 04 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9656Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Rangkaian langkah penelitian terdiri dari studi pendahuluan, refleksi awal perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dalam penelitian ini adalah berupa hasil pengamatan dan nilai tes akhir siklus dari setiap tindakan pembelajaran dengan model GROW-ME pada guru terteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi guru dengan menggunakan teknik Coaching Model GROW ME dalam pembelajaran berorientasi HOTS pada guru SDN 04 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat terbukti dengan meningkatnya hasil penilaian guru yaitu dari nilai rata-rata siklus I pertemuan I yaitu 74,6 dengan persentase ketuntasan 37,5%. Dan pada pertemuan II nilai yang diperoleh 77,6 dan mencapai ketuntasan 50%. Pada pertemuan 1 siklus II nilai rata-rata kemampuan guru 80,3 dan guru yang dengan persentase 75%. Pada pertemuan ke 2 siklus II dengan nilai rata-rata naik menjadi 83 dengan ketuntasan100%. Hasil peningkatan kompetensi guru sesuai data setiap siklus mengalami peningkatan dengan penerapan teknik Coaching Model GROW ME. Dengan demikian, simpulan penelitian ini adalah teknik coaching Grow-Me dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran Berorientasi HOTS pada SDN 04 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat.Downloads
Published
2022-12-02
How to Cite
Askanada, A. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis HOTS dengan Teknik Coaching GROW-ME di SDN 04 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8214–8224. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9656
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Askanada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).