Penerapan Modul Mikrobiologi Berorientasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Kognitif Mahasiswa Keperawatan

Authors

  • Lisa Fradisa Universitas Perintis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9649

Abstract

Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan modul mikrobiologi berorientasi Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa keperawatan Universitas Perintis Indonesia dalam pembelajaran Ilmu Dasar Keperawatan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang timbul selama proses pembelajaran yaitu rendahnya pemahaman  mahasiswa dalam pembelajaran Ilmu Dasar Keperawatan bahasan mikrobiologi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa keperawatan dalam pembelajaran Ilmu Dasar Keperawatan. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, tes hasil belajar mahasiswa, dokumentasi dan catatan lapangan. Pengambilan data dilakukan dengan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Sarjana Keperawatan Tingkat Satu yang berjumlah 45 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modul mikrobiologi berorientasi Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa dengan ketuntasan klasikal dari 74% hingga mencapai 89% dan peningkatan hasil belajar kognitif masuk kategori sedang (N-gain 0,6). Berdasarkan hasil   penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan modul mikrobiologi berorientasi problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa keperawatan.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Fradisa, L. . (2022). Penerapan Modul Mikrobiologi Berorientasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Kognitif Mahasiswa Keperawatan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8157–8162. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9649