Pengaruh Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Profesionalisme Guru SMP di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang

Authors

  • Supriyanti Handayani SMPN 6 Rembang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ghufron Abdullah Universitas PGRI Semarang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9621

Abstract

Pendidikan merupakan upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa kearah kedewasaan juga suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya, agar mandiri dan bertanggung jawab secara susila. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto.Populasipenelitian adalah guru SMP negeri dan swasta di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang berjumlah 256 guru dansampel penelitian 156 guru. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh supervise akademik terhadap profesionalisme guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 25,153 + 0,875X1 dengan kontribusi sebesar 49,4%; (2) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap profesionalisme guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 25,220 + 0,898X2 dengan kontribusi sebesar 55,1%; dan (3) terdapat pengaruh supervisi akademik dan kemampuan TIK terhadap kompetensi profesional guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi ganda Y = 13,155 + 0,419X1 + 0,595X2 dengan kontribusi sebesar 59,7%. 

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Handayani, . S. ., & Abdullah, G. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Profesionalisme Guru SMP di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7970–7975. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9621