Pengaruh Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Profesionalisme Guru SMP di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9621Abstract
Pendidikan merupakan upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa kearah kedewasaan juga suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya, agar mandiri dan bertanggung jawab secara susila. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto.Populasipenelitian adalah guru SMP negeri dan swasta di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang berjumlah 256 guru dansampel penelitian 156 guru. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh supervise akademik terhadap profesionalisme guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 25,153 + 0,875X1 dengan kontribusi sebesar 49,4%; (2) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap profesionalisme guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 25,220 + 0,898X2 dengan kontribusi sebesar 55,1%; dan (3) terdapat pengaruh supervisi akademik dan kemampuan TIK terhadap kompetensi profesional guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi ganda Y = 13,155 + 0,419X1 + 0,595X2 dengan kontribusi sebesar 59,7%.Downloads
Published
2022-12-02
How to Cite
Handayani, . S. ., & Abdullah, G. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Profesionalisme Guru SMP di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7970–7975. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9621
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Supriyanti Handayani, Ghufron Abdullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).