Pengembangan E-Book Berbasis Flip PDF Professional pada Tema 9 Subtema Kegiatan Berbasis Literasi Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9608Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan e-book berbasis Flip PDF Professional pada tema 9 subtema kegiatan berbasis literasi. Responden dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SD Negeri Kebon Pedes 3 Kota Bogor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Untuk melihat kelayakan e-book yang dikembangkn dengan aplikasi Flip PDF Professional, peneliti melakukan validasi dengan para ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-book berbasis Flip PDF Professional dapat digunakan dalam kegiatan berbasis literasi di sekolah dasar. Dari data hasil validasi dengan para ahli, yaitu ahli bahasa dengan perolehan skor 100%, dari ahli materi diperoleh skor 89,3%, dari ahli media dengan perolehan skor 86,6%, serta dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor 88%, dan data hasil uji coba lapangan oleh 30 peserta didik kelas V A diperoleh skor 99%. Dapat disimpulkan bahwa e-book berbasis Flip PDF Professional pada tema 9 subtema kegiatan berbasis literasi telah layak untuk digunakan oleh peserta didik kelas-V SDN Kebon Pedes 3 Kota Bogor.Downloads
Published
2022-12-01
How to Cite
Janah, N. N. ., Budiana, S. ., & Gani, R. A. . (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Flip PDF Professional pada Tema 9 Subtema Kegiatan Berbasis Literasi Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7894–7901. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9608
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurhis Natul Janah, Sandi Budiana, Resyi A. Gani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).