Peningkatkan Akses Keluarga terhadap Pelayanan Kesehatan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK)

Authors

  • Aris Wawomeo Poltekkes Kemenkes Kupang
  • Irwan Budiana Poltekkes Kemenkes Kupang
  • Raimunda Woga Poltekkes Kemenkes Kupang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9598

Abstract

Minimnya pelaksanaan prilaku hidup bersih dan sehat di tengah masyarakat menjadi salah satu penyebab masih tingginya masalah kesehatan di Desa Geoghoma. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini meningkatan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan komprehensif melalui pendampingan pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Desa Gheoghoma Kabupaten Ende Provinsi NTT. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah screening, ceramah, diskusi, simulasi, praktek dan pendampingan berkelanjutan. Hasil kegiatan berdasarkan 12 indikator program PIS PK yakni 35,8% keluarga tidak memenuhi stadar indikator keikutsertaan program Keluarga Berencana (KB). 1,9% keluarga  tidak memenuhi stadar indikator ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, bayi mendapatkan imuniasi dasar lengkap, tidak ada keluaraga yang tidak memenuhi stadar indikator Berdasarkan Bayi Mendapatkan Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif, 15,1% keluarga  tidak memenuhi stadar indikator penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar, 47,2% keluarga  tidak memenuhi stadar indikator penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur, semua keluarga yang memenuhi standar indikator penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak di telantarkan. 88,7% keluarga  tidak memenuhi stadar indikator anggota keluarga tidak ada yang merokok, 98,1% keluarga  tidak memenuhi stadar indikator berdasarkan keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), 15,1% keluarga  tidak memenuhi stadar indikator keluarga mempunyai akses sarana air bersih dan 24,5% keluarga  tidak memenuhi stadar indikator  keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat. Kesimpulan; Pelaksanaan program PIS PK pada masyarakat desa mampu menjadi dasar intervensi kesehatan sehingga memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses berbagai bentuk layanan kesehatan konfrehensif.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Wawomeo, A. ., Budiana, I. ., & Woga, R. . (2022). Peningkatkan Akses Keluarga terhadap Pelayanan Kesehatan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7794–7808. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9598