Learning Computer Programming Using Pimca Model: Project Assignments
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9592Abstract
Model pembelajaran PIMCA dapat memicu peserta didik untuk mengkonstruksi konsep dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan rata-rata hasil belajar peseta didik pada pembelajaran pemrograman komputer dasar pada materi looping dengan menggunakan model pembelajaran PIMCA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran khususnya embedded design dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Manado dengan subjek penelitian sebanyak 24 orang mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, perhitungan hasil pretest dan posttest peserta didik menunjukkan peningkatan dari 9,58 menjadi 65,38 dari skala 0-100 dan skor n-gain diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 62,13% dan rata-rata persentase peningkatan pemahaman konsep sebesar 83,86%. Peserta didik masih mengalami kesalahan sintaks pada code yang dibuat pada tugas proyek, namun sebanyak 83,3% subjek penelitian tidak memiliki masalah dalam memahami semantik, oleh karena itu pengajar harus lebih fokus dalam memahami sintaks.Downloads
Published
2022-12-02
How to Cite
Sandy Salomo Saruan, Tilaar, A. L. F., & Sylvia J. A. Sumarauw. (2022). Learning Computer Programming Using Pimca Model: Project Assignments. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7926–7934. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9592
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sandy Salomo Saruan, Anetha L. F. Tilaar, Sylvia J. A. Sumarauw
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).