Learning Computer Programming Using Pimca Model: Project Assignments

Authors

  • Sandy Salomo Saruan Universitas Negeri Manado
  • Anetha L. F. Tilaar Manado State University
  • Sylvia J. A. Sumarauw Universitas negeri manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9592

Abstract

Model pembelajaran PIMCA dapat memicu peserta didik untuk mengkonstruksi konsep dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan rata-rata hasil belajar peseta didik pada pembelajaran pemrograman komputer dasar pada materi looping dengan menggunakan model pembelajaran PIMCA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran khususnya embedded design dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Manado dengan subjek penelitian sebanyak 24 orang mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, perhitungan hasil pretest dan posttest peserta didik menunjukkan peningkatan dari 9,58 menjadi 65,38 dari skala 0-100 dan skor n-gain diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 62,13% dan rata-rata persentase peningkatan pemahaman konsep sebesar 83,86%. Peserta didik masih mengalami kesalahan sintaks pada code yang dibuat pada tugas proyek, namun sebanyak 83,3% subjek penelitian tidak memiliki masalah dalam memahami semantik, oleh karena itu pengajar harus lebih fokus dalam memahami sintaks.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Sandy Salomo Saruan, Tilaar, A. L. F., & Sylvia J. A. Sumarauw. (2022). Learning Computer Programming Using Pimca Model: Project Assignments. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7926–7934. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9592