Strategi Perkuliahan Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Capaian Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Keperawatan Tahun Akademik 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9586Abstract
Sejak pandemi Covid-19 berlangsung di hampir seluruh dunia membuat seluruh aktifitas di berbagai sektor terhambat termasuk sektor Pendidikan. Lewat kebijakan pemerintah untuk belajar dari rumah membuat pendidik dan peserta didik mau tidak mau beradaptasi dengan perubahan tersebut dan merubah system pembelajaran yang terintegrasi melalui jaringan internet secara virtual (Online Learning). Tujuan penelitian untuk menganalisis strategi perkuliahan online pada masa pendemi Covid-19 dengan capaian hasil belajar pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Unsrit Tahun Akademik 2021/202.2 Metode penelitian kualitatif menggunakan teknik purposive sampling dengan 7 responden. Instrumen utama peneliti sendiri. Data primer memakai panduan wawancara, data sekunder didapatkan dari observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyusunan data dan kategorisasi. Hasil penelitian Strategi perkuliahan menggunakan pendekatan dan model belajar untuk mencapai tujuan perkuliahan. Perencanaan perkuliahan diatur dalam Rencana Pembelajaran semester (RPS). Media yang digunakan dalam proses perkuliahan adalah Google Classroom (GCR), Google Meet dan Zoom Meeting, media komunikasi menggunakan aplikasi Watsapp. Hasil belajar masuk melalui pelaporan dari dosen pengampu mata kuliah. Ketercapaian tatap muka perkuliahan berdasarkan hasil pemasukan laporan dari para dosen 90% sebanyak 16 kali pertemuan dan pemasukkan nilai tepat waktu oleh dosen sebesar 80%. Ketercapaian kompetensi praktikum mahasiswa tidak maksimal karena adanya protokol kesehatan memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikan satu kompetensi dimana jumlah mahasiswa terbatas yang masuk di ruangan laboratorium keperawatan.Downloads
Published
2022-12-01
How to Cite
Rumagit, S. S. ., Welong, K. D. ., Jacobus, S. ., & Tangkulung, F. . (2022). Strategi Perkuliahan Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Capaian Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Keperawatan Tahun Akademik 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7748–7754. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9586
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Selvie Serly Rumagit, Krety Debora Welong, Susan Jacobus, Fadly Tangkulung
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).