Strategi Perkuliahan Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Capaian Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Keperawatan Tahun Akademik 2021/2022

Authors

  • Selvie Serly Rumagit Universitas Sariputra Indonesia Tomohon
  • Krety Debora Welong Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa
  • Susan Jacobus Universitas Negeri Manado
  • Fadly Tangkulung Institut Ilmu Agama Kristen Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9586

Abstract

Sejak pandemi Covid-19 berlangsung di hampir seluruh dunia membuat seluruh aktifitas di berbagai sektor terhambat termasuk sektor Pendidikan. Lewat kebijakan pemerintah untuk belajar dari rumah membuat pendidik dan peserta didik mau tidak mau beradaptasi dengan perubahan tersebut dan merubah system pembelajaran yang terintegrasi melalui jaringan internet secara virtual (Online Learning). Tujuan penelitian untuk menganalisis strategi perkuliahan online pada masa pendemi Covid-19 dengan capaian hasil belajar pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Unsrit Tahun Akademik 2021/202.2 Metode penelitian kualitatif menggunakan teknik purposive sampling dengan 7 responden. Instrumen utama peneliti sendiri. Data primer memakai panduan wawancara, data sekunder didapatkan dari observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyusunan data dan kategorisasi. Hasil penelitian Strategi perkuliahan menggunakan pendekatan dan model belajar untuk mencapai tujuan perkuliahan. Perencanaan perkuliahan diatur dalam Rencana Pembelajaran semester (RPS). Media yang digunakan dalam proses perkuliahan adalah Google Classroom (GCR), Google Meet dan Zoom Meeting, media komunikasi menggunakan aplikasi Watsapp. Hasil belajar masuk melalui pelaporan dari dosen pengampu mata kuliah. Ketercapaian tatap muka perkuliahan berdasarkan hasil pemasukan laporan dari para dosen 90% sebanyak 16 kali pertemuan dan pemasukkan nilai tepat waktu oleh dosen sebesar 80%. Ketercapaian kompetensi praktikum mahasiswa tidak maksimal karena adanya protokol kesehatan memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikan satu kompetensi dimana jumlah mahasiswa terbatas yang masuk di ruangan laboratorium keperawatan.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Rumagit, S. S. ., Welong, K. D. ., Jacobus, S. ., & Tangkulung, F. . (2022). Strategi Perkuliahan Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Capaian Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Keperawatan Tahun Akademik 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7748–7754. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9586

Most read articles by the same author(s)