Pengembangan Kuesioner Berbasis Case Based Learning Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring Dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Kuliah Pancasila Mahasiswa Politeknik Negeri Banyuwangi

Authors

  • Inno Cahyaning Tyas Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Ninik Sri Rahayu Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Farizqi Panduardi Politeknik Negeri Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.9571

Abstract

Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia. Arti penting ideologi ini terakumulasi dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Sehingga siswa dapat mengembangkan karakter dirinya sebagai Pancasilais. Pembelajaran daring dimulai saat pandemi tahun lalu. Hal tersebut memiliki permasalahan yaitu kurangnya minat dan semangat siswa dalam belajar. Oleh karena itu, dosen diharapkan memilih metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa perguruan tinggi. Penelitian ini akan mengembangkan angket untuk mengetahui kemampuan berpikir siswa jika pembelajaran dilakukan secara daring. khususnya ingin mengetahui keefektifan pengembangan angket dalam pembelajaran pancasila. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Plomp. Hasil penelitian dengan angket menunjukkan keefektifan pembelajaran online Pancasila di Politeknik Negeri Bnayuwangi. Ada 20 item dalam kuesioner dengan reliabilitas tinggi 0,862. Untuk pengembangan angket lebih lanjut, validasi ahli memberikan hasil validasi di atas nilai 3 dari 3 indikator, yaitu indikator kesesuaian kurikulum, kemampuan berpikir kritis, dan bahasa yang digunakan. Masing-masing indikator mendapat nilai 3, 67, 3,3, dan 3,42 yang berarti skor keseluruhan baik. Namun untuk meningkatkan persentase setiap indikator keberhasilan pembelajaran Pancasila dengan cara memperbaiki butir pernyataan angket agar persentase validitas menjadi tidak kurang dari 100% terhadap rata-rata skor validasi sehingga diperoleh kriteria validitas sangat tinggi.    Kata Kunci: Kuisioner, CBL, Effektivitas, Berpikir Kritis, Pancasila

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Tyas, I. C., Rahayu, N. S., & Panduardi, F. . (2023). Pengembangan Kuesioner Berbasis Case Based Learning Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring Dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Kuliah Pancasila Mahasiswa Politeknik Negeri Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1157–1164. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.9571