Analisis Karakter Kedisiplinan Berbasis Tri Sentra Pendidikan Masa Pandemi Covid-19 Di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Heru Priyanto Universitas PGRI Semarang
  • Anita Chandra Universitas PGRI Semarang
  • Agus Sutono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Mengetahui implementasi karakter kedisiplinan berbasis tri sentra pendidikan masa pandemi covid-19 di Taman Kanak-Kanak usia 5 sampai 6 tahun Kecamatan Bandar , 2) Mengetahui bagaimana menanamkan karakter kedisiplinan berbasis tri sentra pendidikan masa pandemi covid-19 di Taman Kanak-Kanak usia 5 sampai 6 tahun Kecamatan Bandar, 3) Mengetahui tingkat pencapaian implementasi karakter kedisiplinan berbasis tri sentra pendidikan masa pandemi covid-19 di Taman Kanak-Kanak usia 5 sampai 6 tahun Kecamatan Bandar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan  di Taman Kanak-Kanak usia 5 sampai 6 tahun Kecamatan Bandar. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian adalah 1) Kepala Sekolah,  1 guru TKN Pembina Kecamatan Bandar, 3 orangtua wali anak didik, 3 orang tetangga dekat anak didik TKN Pembina Kecamatan Bandar, 2) Kepala Sekolah, 1 guru TK Pertiwi Toso, 3 orangtua wali anak didik, 3 orang tetangga dekat anak didik TK Pertiwi Toso, 3)  Kepala Sekolah, 1 guru TK Bhennika, 3 orangtua wali anak didik, 3 orang tetangga dekat anak didik TK Bhinneka. Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Data penelitian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut : Pembentukan karakter kedisiplin anak didik di masa pandemic covid - 19 dapat dilakukan melalui tri sentra pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat . Penanam  karakter kedisiplinan ini dimulai dari keluarga, sekolah dan masyarakat atau tertangga dekat anak didik. Tujuannya agar terciptanya perilaku karakter disiplin pada anak didik seperti bangun pagi secara teratur, mengerjakan tugas di rumah,perilaku ini menunjukkan  karakter kedisiplinan kategori Mulai Berkerbang (MB) karena anak belum mempunyai kesadaran sehingga memerlukan pendampingan orang tua dirumah , datang ke sekolah tepat waktu, cuci tangan dengan tertib, berbaris tertib dan rapi masuk ke ruang kelas menunjukkan karakter kedisiplinan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), memakai masker selama kegiatan di sekolah, jaga jarak saat kegiatan belajar/ bermain menunjukkan karakter kedisiplinan kategori Mulai Berkembang (MB), memakai masker ketika keluar rumah,/ bermain menunjuk karakter kedisiplinan kategori Mulai Berkembang (MB) sedangkan  menjaga lingkungan dengan membuang sampah ditempatnya menunjuk karakter kedisiplinan kategori Berkebang Sesuai Harapan (BSH)

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Priyanto, H. ., Chandra, . A. ., & Sutono, A. . (2022). Analisis Karakter Kedisiplinan Berbasis Tri Sentra Pendidikan Masa Pandemi Covid-19 Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7544–7553. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9539