Analisis Karakter Kedisiplinan Berbasis Tri Sentra Pendidikan Masa Pandemi Covid-19 Di Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9539Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Mengetahui implementasi karakter kedisiplinan berbasis tri sentra pendidikan masa pandemi covid-19 di Taman Kanak-Kanak usia 5 sampai 6 tahun Kecamatan Bandar , 2) Mengetahui bagaimana menanamkan karakter kedisiplinan berbasis tri sentra pendidikan masa pandemi covid-19 di Taman Kanak-Kanak usia 5 sampai 6 tahun Kecamatan Bandar, 3) Mengetahui tingkat pencapaian implementasi karakter kedisiplinan berbasis tri sentra pendidikan masa pandemi covid-19 di Taman Kanak-Kanak usia 5 sampai 6 tahun Kecamatan Bandar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-Kanak usia 5 sampai 6 tahun Kecamatan Bandar. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian adalah 1) Kepala Sekolah, 1 guru TKN Pembina Kecamatan Bandar, 3 orangtua wali anak didik, 3 orang tetangga dekat anak didik TKN Pembina Kecamatan Bandar, 2) Kepala Sekolah, 1 guru TK Pertiwi Toso, 3 orangtua wali anak didik, 3 orang tetangga dekat anak didik TK Pertiwi Toso, 3) Kepala Sekolah, 1 guru TK Bhennika, 3 orangtua wali anak didik, 3 orang tetangga dekat anak didik TK Bhinneka. Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Data penelitian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut : Pembentukan karakter kedisiplin anak didik di masa pandemic covid - 19 dapat dilakukan melalui tri sentra pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat . Penanam karakter kedisiplinan ini dimulai dari keluarga, sekolah dan masyarakat atau tertangga dekat anak didik. Tujuannya agar terciptanya perilaku karakter disiplin pada anak didik seperti bangun pagi secara teratur, mengerjakan tugas di rumah,perilaku ini menunjukkan karakter kedisiplinan kategori Mulai Berkerbang (MB) karena anak belum mempunyai kesadaran sehingga memerlukan pendampingan orang tua dirumah , datang ke sekolah tepat waktu, cuci tangan dengan tertib, berbaris tertib dan rapi masuk ke ruang kelas menunjukkan karakter kedisiplinan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), memakai masker selama kegiatan di sekolah, jaga jarak saat kegiatan belajar/ bermain menunjukkan karakter kedisiplinan kategori Mulai Berkembang (MB), memakai masker ketika keluar rumah,/ bermain menunjuk karakter kedisiplinan kategori Mulai Berkembang (MB) sedangkan menjaga lingkungan dengan membuang sampah ditempatnya menunjuk karakter kedisiplinan kategori Berkebang Sesuai Harapan (BSH)Downloads
Published
2022-11-30
How to Cite
Priyanto, H. ., Chandra, . A. ., & Sutono, A. . (2022). Analisis Karakter Kedisiplinan Berbasis Tri Sentra Pendidikan Masa Pandemi Covid-19 Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7544–7553. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9539
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Heru Priyanto, Anita Chandra, Agus Sutono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









